Minggu, 15 Februari 2009

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan anak usia dini merupakan lembaga pendidikan anak usia pra TK. Dalam pendidikan anak usia dini yang di ajarkan adala pengenalan terhadap anak baik terhadap pergaulan anak sebaya maupun dengan sistem pendidikan paud itu sendiri. dalam pendidikan anak usia dini hal yang perlu dipahami oleh orangtua adalah dalam perkembangan anak usia pra TK sangat memerlukan kasih sayang baik dari orangtua maupun dari pengasuh anak.
Jika kita perhatikan dari segi metode pembelajaran anak usia dini hampir mirip dengan pendidikan taman kanak-kanak. Dalam pendidikan TK anak di ajarkan do`a-do`a, sopan santun terhadap orangtua, dll. Begitu juga dalam Pendidikan anak usia dini juga diajarkan hal-hal seperti itu, namun yang membedakan antara pendidkan anak usia dini dengan TK dalam segi metode adalah metode pendekatan terhadap anak. Dalam pendidikan anak usia dini sangat memerlukan kesabaran yang ekstra karena disamping faktor usia anak juga pengasuh harus memperhatikan kondisi psikologi anak. Karena kondisi psikologi anak dalam usia ini sangat peka terhadap kondisi orang yang didekatnya.
dalam pendidikan anak usia dini terdapat beberapa aturan yang harus dipenuhi oleh pengasuh maupun orangtua anak. Biasanya aturan-aturan tersebut dipampang dalam tempok ataupun grafiti yang ditulis dalam ruangan lembaga pendidikan tersebut. jJka orangtua memperhatikan hal-hal tersebut, maka diharapkan perkembangan anak bisa maksimal dan anak bisa memperoleh pendidikan yang layak sesuai dengan usianya.
Namun ironisnya kadang orangtua kurang memperhatikan hal-hal tersebut dan kadang-kadang pendidikan anak menjadi tanggungjawab pengasuh. Seolah-olah pandidikan anak menjadi tanggungjawab pengasuh maupun pengelola lembaga pendidikan tersebut. Sekarang yang harus menjadi perhatian orangtua adalah orangtua menyadari bahwa pendidikan anak merupakan tanggungjawab orangtua dan orangtua juga harus memahami bahwa pengasuh dan pengelola hanyalah sebuah lembaga yang berusaha mengarahkan pendidikan anak agar pendidikan anak sesuai dengan tahapan perkembangan anak.
Dengan adanya kesadaran dari orangtua terhadap pendidikan anaknya, maka tentunya orangtua akan berusaha mengimbang antara pendidikan yang diberikan lembaga pendidikan dengan pendidikan maupun asuhan terhadap anak ketika dirumah. Jika anak mendapatkan pendidikan dan perhatian yang sama ketika anak di PAUD maupun dirumah, maka anak akan mengalami perkembangan yang optimal dan akan akan selalu merasa aman, nyaman, dan merasakan penuh rasa kasihsayang dari orang-orang disekitarnya. sehingga pendidikan anak akan bisa berjalan sesuai dengan tahapan perkembangannya dan anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan bisa menjadi anak yang cerdas, taat, dan harapan orangtua menjadikan anaknya anak yang sholeh yang berbatki kepada orang tua bisa terlaksana. amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar